Pembangunan Papua Dimasa Joko Widodo Diapresiasi Berbagai Pihak


 Upaya pemerintah Indonesia dalam mempercepat pembangunan di Papua mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Pasalnya, selain mendukung kemajuan, upaya tersebut juga dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat di wilayah paling timur Indonesia itu. 

Salah satu upaya yang gencar dilakukan pemerintah pusat adalah pembangunan infrastruktur. Teranyar, pemerintah membangun Stadion Papua Bangkit di Kabupaten Jayapura dan Jembatan Youtefa di Kota Jayapura. Hal ini dilakukan pemerintah supaya Papua tidak tertinggal dengan daerah lain. 

Bahkan, pemerintah pusat juga memercayakan Papua sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional XX pada 2021. Warga Kampung Welarek, Kabupaten Yalimo, Anis Wayag, mengapresiasi percepatan pembangunan infrastruktur di Papua yang dilakukan pemerintah pusat. Salah satunya adalah pembangunan jalan Trans-Papua. Anis menuturkan, sebelum infrastruktur itu ada, ia menghabiskan waktu hingga sebulan untuk berjalan kaki dari kampungnya ke Elelim, ibu kota Yalimo. Setelah Jalan Trans-Papua dibangun, perjalanan tersebut cukup ditempuh dalam sehari. 

"Bagi saya, ini adalah jalan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi kasih uang, terus jalan tersebut ada," ujar Anis dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (23/11/2022). Sejak awal, pemerintah pusat memprioritaskan pembangunan infrastruktur di Papua, terutama jalan Trans-Papua. 

Hal ini untuk memudahkan akses masyarakat dalam menjalankan aktivitas mereka. Bagi para pedagang atau wirausaha, keberadaan jalan Trans-Papua dapat menghemat ongkos kirim barang dan bahan bakar minyak (BBM) karena barang cepat sampai. Dengan begitu, mereka mendapatkan keuntungan lebih banyak. 

Selain itu, jalan dan jembatan baru yang dibangun oleh pemerintah pusat juga memudahkan masyarakat Papua dalam memperoleh akses terhadap fasilitas kesehatan. Mereka bisa datang ke pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) atau rumah sakit lebih cepat. Dengan demikian, korban kecelakaan atau warga yang sakit parah bisa ditangani dengan cepat. 

Para bidan juga dapat menangani ibu hamil lebih cepat sehingga dapat mengurangi angka kematian ibu hamil di Papua. Atas hal tersebut, Sekretaris Umum Barisan Merah Putih Provinsi Papua Wusabek Wantik mengapresiasi pembangunan infrastruktur yang dilakukan pada masa pemerintahan Presiden Jokowi di Papua.

Pejuang NKRI

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama