Tingkat Kepuasaan Terhadap Pemerintah Jokowi Terus Meningkat Dalam 3 Bulan Terakhir


 Poltracking Indonesia merilis hasil survei terkait kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menjelang akhir tahun 2022. Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda, mengatakan bahwa tingkat kepuasan publik terhadap keduanya secara konsisten meningkat dibandingkan tiga bulan terakhir.

Hanta menyatakan, secara umum, sebanyak 73,2 persen masyarakat merasa puas dengan pemerintahan saat ini. Sebanyak 16,3 persen menyatakan tidak puas. 2,7 persen menyatakan sangat tidak puas sementara 7,8 persen tidak menjawab atau tidak tahu.

"Sekarang terlihat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi sedang naik di November terakhir menjelang pergantian tahun menuju 2023 mendatang," ujar Hanta dalam live YouTube Poltracking Indonesia pada Kamis, 8 Desember 2022.

Survei tersebut dilakukan dengan wawancara tatap muka terhadap 1220 responden yang terpilih dengan menggunakan metode standard multistage random sampling (sampling acak bertingkat). Survei dilakukan pada tanggal 21-27 November 2022 dengan margin of error ± 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. 

Hanta menyatakan trend kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan terus mengalami kenaikan tahun ini meskipun sempat mengalami fluktuasi. Jika dibandingkan dengan hasil survei Poltracking pada akhir tahun 2021, tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerinthan saat ini lebih tinggi. Pada survei Oktober 2021, hasil survei Poltracking mengungkapkan tingkat kepuasan masyarakat hanya  berada pada angka 67,4 persen. 

Pejuang NKRI

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama