Ganjar Serukan Gerakan Gong Ceting Di Wonosobo Untuk Tangani Stunting


 Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo menyerukan Gong Ceting kepada puluhan ibu-ibu dan remaja Wonosobo, Jateng. Gong Ceting merupakan singkatan dari Gotong Royong Cegah Stunting.

Ganjar menjelaskan Gong Ceting adalah program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo untuk menangani stunting melalui gerakan gotong royong masyarakat. Gerakan tersebut dijalankan di Desa Gondowulan, Kepil, Kabupaten Wonosobo.

"Menurut saya bagus sehingga kalau nanti dana desanya katakanlah tidak tercover, secara politik desa rumit, gotong royongnya digerakkan," ujar Ganjar dalam keterangan tertulis, Jumat (30/12/2022).

Menurutnya, penyelesaian masalah stunting di Jateng akan lebih cepat diatasi melalui gerakan ini. Sebab, kekuatan civil society lewat kepedulian yang digalakkan bersama-sama akan melahirkan generasi yang sehat.

"Yang tidak mampu ada berapa orang? Itu masuk kategori yang perlu dibantu. Siapa yang bantu? Desa. 'Desa ngga ada Pak dananya', gotong royong. Kalau berat, satu orang diampu 5 keluarga. Kalau perlu satu orang diampu 10 keluarga," jelasnya.

Selain itu, ia menekankan pentingnya pencegahan stunting bagi ibu hamil dan anak. Pencegahan stunting juga bisa dilakukan sejak dini, dimulai dari usia pelajar yang baru memulai menstruasi.

"Maka tadi saya senang karena dapat informasi ada dua pelajar SMP yang setiap Jumat dikasih pil penambah darah. Itu disiapkan betul. Cara-cara ini bagian dari kita mencegah dari jangka yang sangat panjang," ungkapnya.

Ganjar berharap program penanganan stunting akan lebih masif lagi dengan metode Gong Ceting. Ia pun meminta peran mahasiswa kesehatan untuk menerapkan 'one student, one client', alias satu mahasiswa mendampingi satu ibu hamil.

"Maka sejak mereka hamil diwajibkan agar ada yang memantau. Maka 'one student one client', mahasiswa bisa layani satu-satu itu bagus," pungkasnya.

Sebagai informasi, angka stunting Jateng terus menunjukkan penurunan di bawah kepemimpinan Ganjar. Angka stunting turun menjadi 31 persen pada 2018 dan 19,9 persen pada 2021. Ia telah menargetkan penurunan stunting sebesar 3 persen per tahunnya.

Pejuang NKRI

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama