Gajar Bersyukur Jateng 2 Kali Jadi Tuan Rumah Muktamar Sufi Internasional

 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan sambutan dalam Muktamar Sufi Internasional di Sahid Internasional Convention Center, Pekalongan, Selasa (29/8).

Ganjar menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta dan tamu undangan Muktamar Sufi Internasional.

"Kita hormati kita muliakan Bapak Presiden RI Bapak H Joko Widodo bersama Ibu, selamat datang di Pekalongan, selamat datang di Jawa Tengah, dan tentu para alim ulama, kiai yang hari ini hadir yang saya mohon maaf tidak bisa saya sebutkan satu per satu," kata Ganjar.

"Wabilkhusus ketua forum Habib Luthfi, yang sangat kami muliakan dan tentu para menteri yang hadir, Pak Menhan, Pak Prabowo, selamat datang, Pak Mensesneg, Pak Panglima TNI, Kapolri, Pak Wali Kota," tambah dia, Rabu (30/08/2023).


Ganjar menyampaikan rasa syukur karena ini kali kedua Jateng menjadi tuan rumah World Sufi Assembly. Sebelumnya Jateng menjadi tuan rumah pada 2019.

"Syukur alhamdulillah untuk kedua kalinya Jateng mendapat berkah sebagai tempat terlaksananya World Sufi Assembly. Alhamdullilah saya ikut hadir terus menerus ikut menyaksikan sebuah perkembangan yang sangat bagus," kata Ganjar, yang dua periode memimpin Jateng.

"Sebuah kehormatan bagi saya jadi saksi berkumpulnya ulama sufi di seluruh dunia dan mengikuti rangkaian acara yang akan berlangsung di Pekalongan ini," tutur Ganjar.

Bacapres dari PDIP menyinggung peran besar Habib Luthfi dan Jokowi dalam terselenggaranya Muktamar Sufi Internasional di Pekalongan. Ia berharap agar ini bisa membawa berkah bagi masyarakat khususnya di Jateng.

"Insyaallah pertemuan ini akan membawa berkah bagi rakyat Indonesia dan masyarakat dunia, terima kasih," kata Ganjar.


Habib Luthfi adalah Ketua Majelis Sufi Dunia (World Sufi Assembly/WSA) dan Prabowo Subianto bertindak sebagai ketua panitia Muktamar Sufi Internasional. Muktamar dihadiri oleh 73 ulama sufi dari 38 negara.

Dikutip dari situs WSA, Majelis Sufi Dunia adalah organisasi yang diakui secara global yang didedikasikan untuk mempromosikan ajaran dan praktik tasawuf, dimensi mistis Islam. Dengan komitmen untuk mendorong pertumbuhan spiritual, dialog antaragama, dan pertukaran budaya.

Anggota WSA antara lain Syekh Adnan Al Afyouni dari Suriah; KH Ali Mas’adi dari  Indonesia; Syekh Muhammad Bokhazam Shahoumi Al Idrisi dari Libya, dan Syekh Riyadh Bazo dari Libanon.

Pejuang NKRI

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama