Optimalkan Layanan Kesehatan, Ganjar Bangun 71 Puskesmas di Jateng Dengan Fasilitas Lengkap

 

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah saat ini tengah mengoptimalkan sektor layanan kesehatan, upaya itu dilakukan dengan mendirikan puluhan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di berbagai daerah di Jateng.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa sampai saat ini total ada 880 Puskesmas di Jawa Tengah. Tapi tidak semuanya memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai.

“Untuk menanggulangi itu, maka Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengucurkan bantuan keuangan sebesar Rp161.078.692.803, untuk pembangunan 71 Puskesmas yang kita bangun sejak 2013 sampai 2022,” ucap Ganjar di akun Instagramnya @ganjar_pranowo

Ganjar mengupgrade mulai dari manajemen, fasilitas, serta tenaga kesehatan agar masyarakat lebih nyaman.

“Maka manajemen, fasilitas sampai tenaga kesehatannya kita upgrade. Agar masyarakat merasa nyaman ketika berobat sehingga lekas sehat,” ucapnya.


Dengan adanya peningkatan tersebut, beberapa warga mengapresiasi Ganjar karena telah membangun puskesmas lengkap dengan fasilitas memadai.

Salah satunya adalah Puskesmas Sumber di Kabupaten Rembang yang telah dibangun oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) dengan anggaran sejumlah 6 miliar.

“Pada tahun 2018 Puskesmas mendapat bantuan dari Pemprov Jateng untuk membangun kembali bangunan yang baru dan selesai pada tahun 2019, dan diresmikan oleh Ganjar,” terang Nakes Puskesmas Sumber, Balqis Mursyidah.


Salah satu warga Sumber, Evania Umi yang sedang hamil mengaku tengah rutin memeriksakan kandungannya di Puskesmas Sumber.

"Saya rutin periksa kehamilan di sini karena Tenaga kesehatan di bidang-bidangnya, dokternya berkompeten, pelayanannya bagus, dan fasilitas lengkap," ujarnya.

Evania mengaku bahwa dengan adanya peningkatan layanan di Puskesmas Sumber dirinya mudah untuk mendapatkan akses kesehatan, karena dirinya tidak perlu jauh untuk ke Kota Rembang dan hanya cukup ke puskesmas kecamatan untuk mendapat pelayanan kesehatan.

"Peningkatan pelayanan kesehatan di Puskesmas Sumber sudah bagus. Senang, lebih dekat dengan rumah tidak perlu jauh ke Rembang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang bagus," bebernya.

Tidak hanya Evania, warga Sumber lainnya, Wasiran mengaku Puskesmas Sumber sudah banyak mengalami perubahan sejak diresmikan Ganjar pada 2019.

"Setelah dibangun pada tahun 2019, Puskesmas menjadi lebih baik dengan fasilitas lebih lengkap dan memuaskan. Kondisinya juga lebih bersih, teratur dan pelayanan dokter sangat baik," tuturnya, Kamis (03/08/2023).

Pejuang NKRI

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama