E-Makaryo Inovasi Ganjar Bantu Warga Jateng Miliki Pekerjaan

 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) membantu masyarakat memperoleh akses pekerjaan dengan muda, cepat, dan praktis, melalui aplikasi E-Makaryo yang digagas Eks Gubernur Ganjar Pranowo.

Eks Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat dihubungi dari Semarang, Rabu, mengatakan berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jateng terdapat sebanyak 915 perusahaan penyedia kerja, sehingga peluang bagi para pencari pekerjaan sangat terbuka lebar.

“E-Makaryo adalah upaya pemerintah untuk memberikan fasilitas kepada para pencari kerja dan menghubungkan dengan perusahaan pihak penyedia kerja yang dibuat sesederhana mungkin agar mampu diakses seluruh kalangan,” kata Ganjar, Jumat (29/09/2023).


Menurut dia, E-Makaryo dapat juga disebut sebagai platform lowongan pekerjaan daring yang diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran terbuka di Jateng.

“Sesuai data terakhir pada tanggal 18 Juli 2023, terdapat 475.301 warga Jawa Tengah terdaftar di akun pencari kerja dan lamaran yang sudah diajukan sekitar 98.504 lamaran,” ujar Gubernur Ganjar.

Masyarakat pencari kerja cukup mengetik E-Makaryo pada laman pencarian di ponsel atau komputer, maka aplikasi ini akan muncul atau bisa mengetik alamat https://bursakerja.jatengprov.go.id/, kemudian membuat akun dan memilih pekerjaan dengan tingkat pendidikan yang sesuai.

E-Makaryo juga menjadi wadah bagi pencari kerja yang ingin daftar, untuk mengikuti pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) yang tersebar di seluruh Jawa Tengah.

Pejuang NKRI

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama