Pentingnya Peningkatan Akses Transportasi untuk Maksimalkan Potensi Wisata

CALON presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo memuji keindahan alam Raja Ampat dan berjanji siap membangun pariwisata dengan melindungi budaya lokal jika terpilih di Pilpres 2024.

Hal itu ia sampaikan Ganjar Pranowo saat mengunjungi Piaynemo, destinasi wisata terkenal yang terletak di Desa Pam, Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat Daya, Selasa (21/11/2023).

"Tempat yang sangat indah banget di Piaynamo," ujarnya.


Ganjar kagum dengan keindahan Piaynemo dengan pemandangan gugusan pulau karst bertaburan di atau perairan biru berombak landai. Ini jadi magnet bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Ganjar menambahkan keindahan Piaynemo merupakan kekayaan Indonesia, terutama bagi Papua Barat Daya dan harus dikembangkan tanpa menghapus budaya lokal.

"Kita ketemu banyak sekali turis dari Italia, mereka ternyata mau stay di tempat yang sunyi sepi dan kemudian dia bisa menikmati, itu tentu saja sesuatu yang sangat unik yang ada disini," ungkapnya.

Melihat kondisi dan antusias wisatawan itu, Ganjar mengatakan pentingnya peningkatan akses transportasi untuk memaksimalkan potensi wisata.

"Yang masih mereka harapkan, infrastruktur, interkoneksi, sehingga bisa membikin orang datang lebih mudah, lebih cepat dan tentu saja harganya lebih bersaing," tutur mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu.


Selain itu, kemudahan akses pendidikan dan kesehatan perlu dilakukan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Ini adalah salah satu potensi di tanah Papua dengan segala keindahan dan keramahannya. Maka kita perlu siapkan SDM unggul untuk kelak bisa kelola pariwisata dengan baik," imbuhnya.

Ganjar menegaskan bahwa Papua Barat Daya memiliki potensi besar, namun dibutuhkan tindakan khusus dan dukungan infrastruktur untuk mengoptimalkan keindahan dan keramahan tanah Papua.

"Saya kira iya, dan memang ini PR khusus yang mesti diberikan. Butuh lebih banyak tindakan khusus atau tindakan afirmasi untuk Tanah Papua," pungkasnya, Kamis

Pejuang NKRI

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama