Tingkatkan dan Kembangkan Fasilitas Pendidikan untuk Generasi Muda Indonesia


 Pasangan Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD berkomitmen menyediakan internet super cepat dan gratis. Program ini disiapkan untuk mengatasi kesenjangan digital di seluruh wilayah Indonesia.

Saat ini, akses internet bukan hanya tidak merata, namun penetrasi dan kecepatannya menjadi salah satu faktor yang menghambat kemajuan bangsa. Program internet super cepat, gratis dan merata ini akan menyediakan laptop dan akses internet gratis bagi siswa SD, SMP, SMA, SMK, dan madrasah di seluruh Indonesia.


Program ini bertujuan meningkatkan kesempatan belajar dan mengurangi kesenjangan digital. Program ini bisa diwujudkan jika melihat rekam jejak Ganjar Pranowo.

Selama memimpin Jawa Tengah, Ganjar memiliki komitmen kuat untuk merealisasikan antara lain melalui Program SMKN Jateng di mana Ganjar memberikan pendidikan gratis untuk siswa miskin di beberapa wilayah. Hingga 2023, 1.046 siswa lulus, dengan lebih dari 65% langsung mendapat pekerjaan sampai ke luar negeri.


Selain itu sejak tahun 2014, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah membangun 3 SMK Negeri berbasis boarding school yang sepenuhnya gratis. Pada tahun 2021, dibangun 15 SMK Negeri berbasis semi boarding school, yang juga 100% gratis. Mulai tahun 2020, Gubernur Ganjar menggratiskan SPP untuk semua SMAN, SMKN, dan SLBN di Jawa Tengah.

Sebagai bagian komitmen mendukung peningkatan dan pengembangan fasilitas pendidikan serta upaya penyediaan akses informasi bagi generasi muda Indonesia, GP-MMD gaspol (kecepatan tinggi) akan melanjutkan serta memastikan program Internet Masuk Desa dan Desa Broadband Terpadu dengan memenuhi target untuk menyediakan akses internet yang merata bagi masyarakat sehingga menunjang pertumbuhan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja baru.

Selain itu, menambahkan dengan program penyediaan laptop dan internet gratis untuk siswa di seluruh Indonesia.


Berikut adalah strategi Ganjar-Mahfud dalam mewujudkan internet super cepat, gratis dan merata ini akan diimplementasikan dalam tiga langkah.


1. Memastikan terpenuhinya target seluruh Indonesia terjangkau oleh akses internet, dengan penuntasan pembangunan menara BTS dan penyediaan layanan akses internet di titik-titik layanan fasilitas publik.

2. Bekerjasama dengan pihak swasta dan BUMN untuk menyediakan fasilitas laptop dan akses internet gratis untuk 53,4 juta siswa SD, SMP, SMA, SMK, dan madrasah.

3. Digitalisasi birokrasi di desa untuk dapat memetakan potensi pengembangan menunjang pertumbuhan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja baru.

Pejuang NKRI

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama