Ganjar Pranowo Akan Membuat Seni Budaya Indonesia Menjadi Kebanggaan Dunia

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menggelar debat capres (calon presiden) terakhir pada akhir pekan ini, Minggu, 4 Februari 2024. Debat akan mempertemukan tiga kandidat calon presiden (capres), yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Ada sejumlah tema yang diusung dalam sesi debat terakhir ini, yaitu kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. 


Lantas, bagaimana visi misi pasangan calon (paslon) nomor urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di bidang kebudayaan?

Dalam dokumen visi misinya, Ganjar-Mahfud memiliki strategi pembangunan nasional yang dirancang guna mewujudkan Indonesia yang berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. 

“Dalam strategi berkepribadian dalam kebudayaan, kami akan bergerak cepat memajukan seluruh aspek kehidupan berdasarkan jati diri dan kebudayaan bangsa, dan membangun disiplin nasional disertai cara pikir, cara kerja, cara hidup yang unggul serta semangat gotong royong untuk membawa kemajuan peradaban Indonesia,” demikian tertulis dalam dokumen visi-misi Ganjar-Mahfud dikutip pada Jumat, 2 Februari 2024.


Paslon nomor urut 03 itu, memiliki misi untuk menjadikan budaya maju dan sportif. Dalam program kerjanya, Ganjar-Mahfud ingin menciptakan kebudayaan yang berkepribadian nasional. “Kebudayaan yang mengabdi pada rakyat, mengikis feodalisme, dan mengedepankan persatuan nasional dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika,” tulis dokumen itu.

Kedua, Ganjar-Mahfud ingin membuat seni budaya Indonesia menjadi kebanggaan dunia. Caranya, dengan memberi dukungan nyata untuk seluruh karya seni dan warisan budaya Indonesia agar dapat mendunia melalui integrasi data, pemasaran yang tajam, dan membantu jenama (merk) lokal bermitra dengan jenama besar dunia.

Ketiga, mereka ingin membuat para seniman aman dan nyaman, dengan memberikan perlindungan hak cipta, termasuk hak cipta komunal, dukungan pembiayaan, dan apresiasi karya lokal tradisional.

“Kemudian, budayawan berkarya. (Caranya) dengan memberikan dukungan sumber daya, penghargaan, dan apresiasi nyata kepada budayawan untuk terus berkarya secara kreatif,” tulis dokumen visi misi Ganjar-Mahfud. 


Selain itu, mereka ingin membuat atlet sejahtera dengan prestasi mendunia. Ganjar-Mahfud akan melakukan penataan sistem rekrutmen, pembinaan, kompetisi, penghargaan, dan fokus pada kesejahteraan atlet, pelatih, dan tenaga keolahragaan. 

“Kami bertekad untuk mewujudkan olahraga unggulan sebagai lambang supremasi Indonesia seperti bulu tangkis, sepak bola, panjat tebing, dan angkat besi,” katanya.

Terakhir, Ganjar-Mahfud Md akan menumbuhkan budaya sportif dengan revitalisasi infrastruktur olahraga sekurang-kurangnya 1 lapangan olahraga di setiap desa yang ditingkatkan fungsinya secara bertahap hingga menjadi gelanggang olahraga.

KPU RI telah menetapkan peserta pemilu presiden dan wakil presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11-13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

 

Pejuang NKRI

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama